Tiga Pemain Timnas U23 Absen Melawan Thailand

Tiga Pemain Timnas U23 Absen Melawan Thailand

Tiga Pemain Timnas U23 Absen Melawan Thailand

Menjelang laga kedua timnas U23 menghadapi Thailand di ajang SEA Games 2013 Myanmar, sang pelatih Rahmad Darmawan sedang ketar-ketir karena ada tiga pemain yang saat ini kondisinya diragukan bisa tampil atau tidak. Laga kontra Thailand adalah laga kedua timnas Indonesia di grup B setelah di laga perdana menang atas Kamboja dengan skor tipis 1-0. Dalam sebuah keterangannya, Rahmad Darmawan mengaku jika kondisi Dendy Santoso, Fandi Eko Utomo dan Ramdhani Lestaluhu saat ini belum dapat dipastikan apakah dapat bermain kontra Thailand hari Kamis (12/12) besok akibat mengalami masalah otot. Kehilangan ketiga pemain ini tentu saja menjadi kerugian besar bagi skuad Garuda Muda. Laga Indoensia melawan Thailand akan digelar di Stadion YTC, Yangon. Hari Senin kemarin (9/12), timnas U23 sukses meraih kemenangan di laga pembuka yang berjalan berat. Meski menguasai laga, penampilan para pemain tengah dan depan Indonesia sangat kesulitan mencetak gol sebelum akhirnya Yandi Sofyan memastikan kemenangan Indonesia dengan mencetak gol pada menit ke 53.

Sementara itu Thailand juga membukukan kemenangan di laga perdana mereka di grup B dengan mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1 pada hari Sabtu (7/12) kemarin. Menghadapi Thailand yang selama ini menjadi negara terkuat di kawasan Asia Tenggara, pelatih Rahmad Darmawan mengaku akan memasang strategi yang berbeda dengan laga menghadapi Kamboja. Tidak hanya memiliki kekuatan di atas Kamboja, Thailand juga memiliki keuntungan waktu istirahat yang lebih lama. Sejak laga perdana,Thailand memiliki waktu istirahat lima hari dibanding Indonesia yang hanya memiliki tiga hari untuk istirahat. Thailand diakui Rahmad Darmawan memiliki organisasi permainan yang lebih teratur dan ditunjang oleh pemain yang memiliki skill tinggi. Rahmad Darmawan juga sudah melakukan evaluasi pasca kemenangan atas Kamboja. Salah satu hal yang paling disoroti oleh Rahmad Darmawan adalah sisi emosional para pemain timnas U23 yang dianggapnya masih labil. Saat melawan Kamboja, para pemain Indonesia sering terlihat emosi dengan perlakuan para pemain Kamboja.

Beberapa pemain bahkan harus menerima kartu kuning. Ini tentu akan coba diperbaiki oleh pelatih berusia 46 tahun itu saat melawan Thailand. Jika para pemain timnas kembali bermain emosi kala bertemu Thailand maka bisa saja Indonesia mendapat kerugian. Rahmad Darmawan diberi beban besar dalam ajang SEA Games kali ini. Dengan fokus menyabet medali emas di ajang sepakbola, Rahmad tentu ingin memberikan yang terbaik sebelum musim depan dirinya menangani Persebaya Surabaya di Liga Super Indonesia.