Kalah Dari Thailand, Indonesia Siap Hadapi Timor Leste

Setelah  Kalah dari Thailand, Indonesia Siap Hadapi Timor Leste

Kalah Dari Thailand, Indonesia Siap Hadapi Timor Leste

Setelah berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor tipis 1-0 di laga perdana nya, Indonesia terpaksa menelan kenyataan pahit. Di saat menghadapi Thailand di laga kedua nya, Thailand berhasil membekuk Timnas U-23 dengan skor telak 6-1. Hal tersebut tentu saja sangat mengecewakan. Laga itu digelar di Thuwanna YTC Stadium, pada hari Kamis (12/12/2013) sore WIB. Di babak pertama Thailand sudah unggul dua gol, sedangkan dua gol lain dicetak di babak kedua. GolĀ  gol Thailand itu di cetak oleh Pokkhao Anan dan Adisak Kraisorn dibabak pertama, Pravinwat Boonyong dan Thitiphan Puangjan di babak kedua. Sedangkan satu gol Indonesia di cetak oleh Andri Ibo. Indonesia masih tertahan di posisi ketiga dengan nilai tiga poin dari dua pertandingan. Sedangkan saat ini Thailand berada di peringkat pertama dengan nilai enam poin. Myanmar di posisi kedua memiliki nilai yang sama hanya saja mereka memiliki selisih gol dengan Thailand. Kekalahan telak tersebut ditanggapi oleh Rahmad Darmawan dengan mengatakan bahwa semua itu adalah tanggung jawabnya 100 persen.

Dalam pertandingan tersebut RD menurunkan starting XI yang berbeda dengan pertandingan saat menghadapi Kamboja. Ia memainkan Bayu Gatra karena kondisi Ramdhani (Lestaluhu) dan Dendi (Santoso) sedang mengalami masalah. Fandi Eko dimainkan juga karena sudah disiapkan sejak awal untuk pilihan menyerang. RD mengaku kaget dengan gaya permainan Thailand waktu itu. Thailand yang biasanya menekan dari sayap kanan justru sebaliknya mereka lebih sabar menunggu ditekan dan melihat peluang kemudian memanfaatkannya menjadi sebuah gol. Gol pertama mereka yang begitu cepat di menit awal membuat mental anak asuhnya jatuh. Mereka semakin grogi dan menyebabkan permainan tidak bisa berkembang. Menurut Rahmad Darmawan, Skuad Garuda Muda bermain kurang kompak. Ada jarak antara lini belakang dengan lini tengah. Mereka hanya bermain di lini ketiga dan kurang berani menguasai bola. Tentu saja kondisi seperti itu di manfaatkan oleh Thailand.

Thailand memiliki kondisi fisik yang prima, mereka juga tampil disiplin. Selain itu mereka juga memiliki strategi yang tepat. Pelatih Timnas U-23 itu menyatakan bahwa tim besutannya masih memiliki kelemahan di team work. Kerjasama yang masih lemah itu akan segera diperbaiki. Anak asuhnya sudah berusaha untuk tampil dengan baik dan bermain lepas. Tak mau berlarut larut dalam kekalahan, Timnas U-23 sudah harus memikirkan laga selanjutnya yaitu menghadapi Timor Leste. Saat ini Timor Leste berada di posisi terakhir dengan 3 poin dari tiga pertandingan. Indonesia harus bisa memanfaaatkan laga ini nanti untuk bangkit dan mengejar angka. Indonesia akan menghadapi Timor Leste hari Sabtu besok (14/12/2013). Peluang Indonesia untuk lolos memang sangat kecil namun masih tetap ada kesempatan. Indonesia wajib meraih nilai maksimal untuk menghidupkan peluang lolos. Apalagi di laga terakhir Indonesia akan menghadapi tuan rumah Myanmar yang tentu saja tidaklah mudah.