Deklarasi Damai Antara Viking Dengan The Jakmania

Deklarasi Damai Antara Viking Dengan The Jakmania

Deklarasi Damai Antara Viking Dengan The Jakmania

Deklarasi Damai Antara Viking Dengan The Jakmania – Perseteruan antara dua kelompok suporter sepak bola yaitu pendukung Persib Bandung dengan pendukung Persija Jakarta sudah terjadi sejak lama dan sudah menjadi budaya yang mengakar bahkan bukan hanya orang dewasa saja namun juga sudah tertanam sampai ke anak anak. Beberapa kali sudah diupayakan untuk mendamaikan kedua suporter itu, namun usaha tersebut masih belum berhasil. Perseteruan antara Viking dengan The Jakmania terus saja bergulir. Setiap ada pertandingan antara Persib Bandung dengan Persija Jakarta selalu berujung dengan kerusuhan. Usaha pihak pihak terkait sudah dilakukan sejak lama, namun baik suporter Persib Bandung maupun Persija Jakarta tetap sulit didamaikan.

Deklarasi Damai Antara Viking Dengan The Jakmania РAkan tetapi menurut pentolan Viking, Yana menyebutkan bahwa sebenarnya baik suporter Persib Bandung maupun suporter Persija Jakarta sama sama menginginkan perdamaian. Akan tetapi Yana juga menyebutkan bahwa untuk bisa berdamai dibutuhkan proses sosialisasi  antara kedua belah pihak yang masih membutuhkan waktu. Usaha perdamaian yang sudah memakan waktu yang cukup lama itu sepertinya akan segera menemukan jalan damai. Suporter Persib Bandung yang biasa disebut dengan Viking kabarnya akan segera mengadakan perjanjian damai dengan The Jakmania yang merupakan sebutan untuk suporter Persija Jakarta. Pihak Viking sebenarnya sudah menyatakan keinginan berdamai namun masih belum mendapat respon positif dari The Jakmania.

Deklarasi Damai Antara Viking Dengan The Jakmania – Dua kubu suporter tersebut akan membuka lembaran baru dan akan mengeluarkan sebuah deklarasi damai. Hal itu tidak lepas dari campur tangan Polda Metro Jaya dan juga pihak Polda Jawa Barat yang menjadi mediasi islah tersebut. Menurut Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Martinus Sitompul untuk mengadakan deklarasi damai tersebut rencananya akan bertempat di Mapolres Bogor. Dalam acara islah tersebut kemungkinan akan dihadiri oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Mochamad Iriawan. Sedangkan dari dua kubu akan diwakili oleh para pengurus Viking dan pengurus The Jakmania untuk mengusung ikrar damai tersebut. Selain itu juga akan hadir Dir Binmas Polda Metro Jaya yang akan menjadi saksi dalam peristiwa bersejarah dalam dunia sepakbola Indonesia itu.

Deklarasi Damai Antara Viking Dengan The Jakmania – Martin mengatakan bahwa islah tersebut merupakan perwujudan dari keinginan yang mendalam Kapolda Jabar yang mengharapkan adanya tali persaudaraan yang erat antar sesama anak bangsa, sesama pecinta bola dan sesama anggota masyarakat yang ingin memajukan sepakbola di Indonesia. Pernyataan damai tersebut hanyalah awal dari perwujudan kebersamaan yang selama ini diinginkan oleh kedua belah pihak. Pihak Polda Jawa Barat merasa prihatin dengan permusuhan yang selama ini berkembang dan tidak kunjung selesai. Pihak Polda Jawa Barat ingin berbuat sesuatu untuk menghapus luka dan mulai membuka lembaran baru bagi persahabatan anak bangsa, dan ia berharap pihak masyarakat luas bisa ikut mendukung upaya tersebut.