Bola Online Fabregas Tidak Menyukai Kebijakan Rotasi

Fabregas Tidak Menyukai Kebijakan Rotasi

Fabregas Tidak Menyukai Kebijakan Rotasi

Bola Online – Meski belum genap setengah musim menukangi juara bertahan pelatih Gerardo ‘Tata’ Martino mulai mendapatkan tekanan dari pemainnya. Adalah Cesc Fabregas yang berani angkat bicara mengenai strategi dan kebijakan rotasi dari pelatihnya di musim ini. Bintang tim nasional Spanyol itu mengakui kalau ia ingin selalu tampil di setiap pekannya, namun ia memahami bahwa hal itu tidak mudah untuk diwujudkan olehnya, mengingat keputusan pelatih di atas segala-galanya. Mantan kapten Arsenal itu mengatasnamakan skuad Barcelona, yang tidak menyukai kebijakan rotasi pemain ala Gerardo Martino, namun mengakui bahwa mereka akan menuai manfaat dari kurangnya waktu untuk bermain saat menjalani paruh kedua di musim ini.

Sang gelandang mampu menorehkan satu gol kemenangan kala mencukur Rayo Vallecano dengan skor 4-0 pada akhir pekan kemarin, di mana rekan senegaranya Pedro Rodriguez mengukir hat-trick pertamanya di musim ini setelah diberikan kesempatan tampil sejak awal pertandingan. Pemain berusia 26 tahun itu mengakui bahwa kemungkinan besar harus mulai terbiasa dengan pola rotasi pemain yang diinginkan sang pelatih berkebangsaan Argentina. “Sepertinya ia melakukan hal ini tanpa pengecualian terhadap siapa pun juga, bahkan kepada pemain penting,” tutur Fabregas. “Kami tidak menyukainya, terlebih bagi kami yang ingin turun bertanding di setiap kesempatan, namun ini merupakan pendekatan yang sangat pandai dan kami akan berterima kasih kepadanya di akhir musim kompetisi.”

Dan meski klub Catalan itu mulai mengurangi masa-masa penguasaan bola terhadap setiap lawan yang dihadapi, untuk pertama kali sejak melalui 317 pertandingan, bersumber sejak musim 2008, Fabregas percaya bahwa taktik tersebut sangat positif untuk mengincar sebuah kemenangan. “Kami secara keseluruhan sangat senang, pertandingan ini benar-benar tangguh bagi kami. Mereka benar-benar tidak takut terhadap segala sesuatunya, karena mereka mampu memberikan tekanan sejak awal di atas lapangan dan secara keseluruhan mereka bermain baik,” tambah Fabregas. “Mereka bermain layaknya tanpa henti dalam memberikan tekanan, meski saya perhatikan mereka mengendorkan serangan di babak kedua karena sudah mengalami keletihan dan kami mampu memanfaatkan sisi kelemahan itu, namun tidak mudah bagi kami untuk memetik kemenangan bila tampil di Vallecano – mereka merupakan lawan yang sulit untuk ditaklukkan.

“Inilah sepakbola yang sesungguhnya, terkadang memberikan anda sebuah variasi serangan dan bila anda menyerang menghadapi lawan tangguh suatu hari nanti, dengan kondisi lapangan yang berukuran sedang dan mereka menekan anda – inilah yang sesungguhnya sedang kami kerjakan bersama pelatih baru.” Gerardo Martino merupakan seorang pelatih berkarakter yang tidak ingin mengumbar sesuatu hal di atas lapangan dan ia tidak meledak-ledak seperti Jose Mourinho kala timnya kebobolan, melainkan hanya reaksi biasa. Dan ia siap menjawab tantangan yang ditujukan kepada tim asuhannya di musim kompetisi 2013/14. Bola Online