Atasi Cardiff City, Arsenal Kembali Puncaki Klasemen

Atasi Cardiff City, Arsenal Kembali Puncaki Klasemen

Atasi Cardiff City, Arsenal Kembali Puncaki Klasemen

Arsenal kembali ke puncak klasemen sementara. The Gunners dengan susah payah akhirnya memetik kemenangan 2-0 atas Cardiff City untuk merebut kembali pimpinan klasemen. Dalam pertandingan yang berlangsung di Emirates Stadium, Rabu (1/1/2014) malam. Arsenal tampil dominan sejak menit awal. Soccernet mencatat penguasaan bola tim tuan rumah mencapai 68 persen sepanjang pertandingan. Arsenal juga tampil agresif dalam menyerang dengan melepaskan 19 kali tendangan dengan dua di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Cardiff lebih banyak mengandalkan serangan balik dan hanya empat kali melepaskan tembakan. Upaya Arsenal baru membuahkan hasil di menit 88 lewat tendangan pemain Denmark. Theo Walcott kemudian memastikan kemenangan 2-0 untuk Arsenal lewat golnya di menit-menit akhir.

Dengan kemenangan ini Arsenal kembali ke puncak klasemen dengan 45 poin. Posisi teratas di klasemen sempat direbut oleh Manchester City yang meraih  kemenangan atas Swansea City. Sementara itu kekalahan ini membuat Cardiff harus turun ke peringkat 17 dari 20 pertandingan. Mereka mengumpulkan 18 poin musim ini. Pada pertandingan ini yang baru memasuki sepuluh menit. Tak ada peluang berarti yang didapat oleh kedua tim. Tempo permainan pun berjalan lambat di awal pertandingan. Di menit ke 13, Theo Walcott mendapat peluang bagus di sisi kiri pertahanan Cardiff. Tapi tendangannya yang menyambut umpan lambung dari Jack Wilshere hanya mengenai sisi luar gawang.

Arsenal mulai meningkatkan intensitas serangan ke pertahanan lawan. Santi Cazorla melepaskan tembakan namun bola masih belum menemui sasaran. Wilshere sempat terjatuh di dalam kotak penalti Cardiff di menit 25 setelah terlibat kontak fisik dengan bek lawan. Tapi wasit menyatakan tak ada pelanggaran di area tersebut. Peluang kembali didapat Walcott di semenit setelahnya. Tapi tembakannya dari dalam kotak penalti setelah mendapat bola dari Mikel Arteta masih melambung di atas mistar. Cardiff melakukan serangan balik ke lini pertahanan. Jordan Mutch membawa bola hingga ke dalam kotak penalti Arsenal dan melepaskan tembakan dari sudut yang tak begitu luas. Tapi Wojciech Szczesny mampu menepisnya.

Peluang ketiga yang didapat Walcott di menit ke-31 juga belum membuahkan hasil. Kali ini tendangannya masih melebar setelah menerima bola dari Cazorla yang berhasil melewati pemain belakang. Di penghujung babak pertama Arsenal mendapat peluang bagus di depan gawang. Tapi Podolski gagal menyarangkan bola setelah upayanya berhasil diblok pemain belakang. Memasuki babak kedua Arsenal masih mendominasi permainan. Lima menit usai wasit meniup peluit, tembakan Bacary Sagna yang menyambar bola liar masih melambung di atas mistar gawang. Arsenal terus mengurung pertahanan tim tamu. Namun upaya tim tuan rumah belum membuahkan hasil menyusul rapatnya pertahanan Cardiff yang telah terorganisir.

Arsenal nyaris memecah kebuntuan di menit 64. Wilshere yang bergerak dari sisi kiri berhasil melewati Kevin McNaughton dan melepaskan tendangan. Tapi bola beruntung masih mengenai mistar gawang. Upaya Arsenal di menit 67 lewat Per Mertesacker juga belum berbuah hasil. Meski berdiri bebas bek asal Jerman itu gagal menyarangkan bola setelah sundulannya masih melebar. Tak lama berselang Mertesacker kembali menyia-nyiakan peluang yang didapatnya. Tandukannya kembali melebar kali ini dari sepak pojok. Arsenal mendapat tendangan bebas di menit 76. Namun eksekusi Walcott masih melambung tipis.

Dua menit jelang waktu normal, Arsenal akhirnya memecah kebuntuan yang dialami timnya. Gol diciptakan oleh pemain asal Denmark Nicklas Bendtner yang masuk sebagai pemain pengganti. Gol ini berawal dari sundulan Sagna yang bisa ditepis. Bola muntah kemudian disambar oleh Bendtner untuk membuka keunggulan. Dua menit kemudian Walcott menggandakan keunggulan The Gunners. Usai menerima umpan terobosan dari Wilshere. Walcott kemudian menendang bola lambung untuk melewati kiper.