Alfred Riedl Resmi Jadi Pelatih Timnas Senior Indonesia

Alfred Riedl Resmi Jadi Pelatih Timnas Senior Indonesia

Alfred Riedl Resmi Jadi Pelatih Timnas Senior Indonesia

Alfred Rield resmi diangkat menjadi pelatih Timnas Senior Indonesia oleh PSSI. Alfred Rield menggantikan posisi pelatih lama Timnas Jacksen F Tiago. Kontrak pelatih yang dulu pernah membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF2010 itu telah diselesaikan hari Sabtu 7 Desember 2013. Sebelumnyapihak Alfred Rield dan PSSI telah bertemu untuk mengadakan rapat tertutup terkait dengan program Timnas. Hal itu disampaikan langsung oleh  La Nyalla Mattalitti selaku ketua BTN saat jumpa pers di Hotel Sultan, Senayan. Jumpa pers itu sendiri dihadiri oleh Joko Driyono selaku Sekjen PSSI dan juga dihadiri oleh Alfred Rield. Pelatih asal Austria itu kabarnya dikontrak dengan durasi tiga tahun namundengan masa percobaan satu tahun. Di tahun pertama BTN mentargetkan Rield bisa membawa Timnas untuk meraih juara di AFF 2014 dan jika gagal dengan target tersebut maka secara otomatis kontraknya akan di putus. Dan jika behasil mencapai target maka BTN akan menambah durasi kontrak dua tahun lagi. Meski masih dalam masa percobaan satu tahun, namun durasi kontrak yang tertera di surat perjanjian kontrak tersebut tercantum untuk tiga tahun. Begitu juga dengan nilai dan harganya akan dibuat selama tiga tahun.

Ketika dikonfirmasi tentang kontraknya tersebut, Alfred Rield tak dapat memberikan komentar banyak. Ia merasa cukup senang bisa kembali melatih Timnas Indonesia. Namun tugas yang dibebankan kepada nya cukup berat. Apalagi dalam waktu kurang dari setahun dia harus mempersiapkan tim untuk menjuarai AFF 2014 dan jika target tersebut gagal dirinya akan dipecat.  Butuh kerjasama yang baik dari seluruh elemen baik dari pelatih, pemain, pengurus maupun dari para suporter. Dirinya berharap bisa sukses mencapai target tersebut. Meski dengan waktu yang singkat, itu tidak bisa dijadikan alasan untuk mengeluh. Bahkan hal itu bisa menjadi motivasi. Dia akan berusaha melakukan yang terbaik untuk mencapai hasil yang terbaik karena Rield tak punya banyak pilihan lain.

Tak bersama Timnas senior selama dua tahun membuat pelatih asal Austria itu harus bekerja keras untuk membangun skuad yang tangguh. Rield mengaku masih buta akan kekutan Tim Garuda. Namun setelah melihat sekilas menurutnya Timnas semakin membaik dan berkembang. Alfred Rield sudah mulai menjalankan rencana nya. Ia akan memulainya dari nol, tanpa memandang pemain lama atau pemain baru. Dirinya akan mulai mencari 45 orang pemain yang akan dipanggil bln januari depan. Pemanggilan itu hanya untuk perkenalan saja. Pemanggilan itu akan dibagi dua gelombang karena tak ingin mengganggu persiapan klub menjelang musim baru dan untuk melihat kemampuan serta perkembangan pemain. Rield juga akan terbang ke Myanmar untuk mengamati pertandingan Timnas U-23 di ajang Sea Games  untuk melihat potensi pemain muda Indonesia.